Latest Posts

Resensi Buku "Cinta Bertabur di Langit Mekkah"

By 04.42




Judul Buku      : Cinta Bertabur di Langit Mekkah.
Penulis             : Roidah.
Penerbit           : Erlangga.
Tahun Terbit    : 2009.

    Novel ini diawali dengan pertemuan Radha dan Yusuf di Madinah. Kedua orang tua rada ingin Yusuf dan Radha menjadi suami istri. Meski begitu Radha masih belum yakin bahwa Yusuf akan menjadi suaminya kelak. Tetapi lama kelamaan dengan proses yang indah telah dilalui mereka akhirnya dipersatukan.
Novel ini tidak hanya menampilkan kisah romansa percintaan saja, nemun nuansa islam yang mendalam juga dituangkan dalam novel ini.
    Hal yang menarik dari novel ini adalah tempat kejadian ditempat yang mulia yaitu Madinah, Mekkag dan Mina. Kita akan di bawa kesuasana yang sangat islami dengan tingkat religi yang sangat tinggi. Cerita dari novel ini yaitu Radha adalah seorang gadis yang sedang mengalami konflik batin yang mendalam karena perasaan cintanya kepada Osman selama 14 tahun tidak terbalas. Radha berharap dengan kepergiannya ketanah suci dia dapat melupakan Osman.
    Ketika Radha berada di Madinah, Radha bertemu dengan seorang lelaki yang seiring waktu membantunya dikala Radha kesusahan yang bernama Yusuf. Dia seorang pengusaha sukses asal Jakarta yang telah jatuh banmgkrut. Berkat usaha keras dari Yusuf saat ini Yusuf telah kembali menjadi pengusaha sukses. Radha mengakui bahwa hatinya menyukai Yusuf. Kedua orang tua Radhapun terkesan dengan sikap Yusuf yang selalu menolong rombongan haji asal Indonesia yang kesusahan.
    Ketika di tanah suci pula Radha bertemu kembali dengan Rudi kawan SMA yang dulu pernah menyatakan cinta pada Radha. Sampai saat ini Rudi masih juga menyimpan rasa cinta pada Radha. Bahkan sering bertemu di Mekkah, Rudi kembali menyatakan conta dan mengajak Radha menikah. Walaupun Rada terpesona dengan sosok Rudi sekarang karena rudi terlihat lebih islami, Rada menolak Rudi dengan halus. Rada berdoa semoga Rudi bias menerima jawaban dengan ikhlas dan mendapatkan sosok pengganti Radha yang lebih cocok untuk Rudi.
    Setelah itu muncul sosok Hendar yang selalu mengejar Radha di kampong halaman. Radha tidak menyukai Hendar karena sosok Hendar yang keras kepala, egois, dan beberapa sifat minus lainnya. Puncak konflik dari novel ini adalah ketika Radha akhirrnya dilamar oleh Yusuf, sementara itu Radha dihubungi oleh Osman juga akhirnya mau melamar Radha. Dipinang dua orang yang teramat dikagumi dan dicintainya, berarti akan melukai salah satunya. Menabur duka yang teroreh selama dalam hidup pihak yang tersakiti. Dengan hati yang sudah tidak tahan lagi dan kecamuk pikiran Radha mengangkat telepon dari Osman dan meminta maaf dengan berat hati harus menolak lamaran dari Osman. Radha sudah meyakini Yusuf lah yang sekarang ini bias mencuri hati Radha dan sudah melewati proses lamaran di Mekkah dengan taburan cinta jemaah haji dan gemintang langit Mekkah yang menjadi saksi lamaran Yusuf.
    Romansa cinta islami yang dituangkan menjadi komponen cerita yang menarik dan asyik untuk dibaca. Namun konflik yang detail dan tajam dibahas serta konflik batinnya membuat novel ini sedikit kurang.



Desinta Ika Rezalina.
Semester II prodi S1 kep.
Stikes ICSADA Bojonegoro

You Might Also Like

0 komentar