Latest Posts

Resensi Buku "ARVAYUNA"

By 05.15



Judul                :Arvayuna
Penulis             :RiannaWati
Penerbit           :MasmediaBuanaPustaka
tahun terbit      :2009
Tebal                : 200 halaman


Novel yang memaparkan ketabahan lelaki yang beristeri tiga. Isteri yang ketiga-tiganya memiliki keterbatasan fisik.

Ardi seorang lelaki luar biasa yang menghalalkan dirinya untuk dua orang gadis cacat. Ayu seorang tuna rungu dan Dina seorang yang lumpuh. Kehidupanya dengan dua orang gadis cacat tersebut didasari pada iman dan kecintaanya pada Allah dan Rasulullah saw. Cerita ini semakin dramatis saat Ardi bingung ketika ia dihadapkan dengan permintaan kedua istrinya agar Ardi menikah lagi! Pilihan yang sama jatuh pada seorang wanita cacat juga, Eva, seorang gadis buta yang sebatang kara.
Namun, perlahan-lahan ada getaran–getaran cinta yang mendatangi Ardi. Cinta yang hanya dipersembahkan untuk Sang Kekasih, Allah swt dan Rasulullah saw. Kisah Rasulullah saw yang menikahi istri–istrinya yang hampir semuanya janda, membangun kalbu Ardi untuk menerima Eva sebagai istri ketiganya.
Semua berjalan baik, Ardi berlaku adil dan ketiga istrinya menempatkan diri seolah istri–istri Rasulullah. Hingga suatu hari di antara mereka bertiga terbesit cemburu sampai memuncak menjadi cemburu hebat. Ketiga istri Ardi merasa iri dengan yang lain dan menyalahkan kekurangan masing-masing. Masalah-masalah kompleks muncul pada bagian ini, dimana Ardi dihadapkan banyak pilihan yang harus dipikirkan, agar tidak tersesat dan salah langkah.
Ardi bertambah gusar dengan kecemburuan istri-istrinya satu sama lain. Selain itu, yang mengisi benaknya kali ini apakah ia harus menikah lagi? Beberapa kali ia melihat gadis dengan fisik sempurna, lalu terbesit dalam hatinya untuk menikah lagi. Seringkali ia melihat istri-istrinya kewalahan mengurus rumah, anak bahkan diri mereka sendiri. Bertambah gusarlah hati Ardi. Ia ingin menikah lagi! Dengan seorang yang sempurna. Komplekslah masalah yang ada dalam novel ini. Perjalanan seorang yang ingin mencontoh pribadi Rasululullah mendapat cobaan.
Istri-istri Ardi dalam puncak permusuhan karena rasa iri. Sementara itu seorang gadis bernama Rissa terus-menerus datang ke kantor Ardi. Gadis yang sempurna seperti Rissa, selalu membuat Ardi mempunyai pikiran untuk menikah lagi, dengan seorang gadis sempurna. Sahabat sekaligus teman satu kantor Ardi, satu per satu memandang Ardi ialah seorang yang hanya memikirkan urusan bawah perut saja. Mereka memandang Ardi rendah karena sudah tiga kali menikah dan memikirkan pernikahan yang ke empat. Rekan-rekan kerja Ardi takut apabila masyarakat mencap jelek perusahan penerbitan buku islamis mereka, gara-gara konsumen beranggapan bahwa seorang pimpinan redaksi islamis berpoligami sampai empat kali.
Di sela-sela keindahan buku ini, masih terdapat beberapa kekeliruan dalam kata-kata seperti penggunaan kata urine yang tidak dimiringkan. Serta beberapa bahasa gaul. Selain itu terkadang penulis menggunakan bahasa gaul dan bahasa formal untuk satu orang yang sama, sehingga dalam penggambaran tokoh orang tersebut kurang pas.

Desinta ika rezalina
semester II prodi S1 keperawatan
Stikes Icsada Bojonegoro

You Might Also Like

0 komentar