Latest Posts

Bersama BPBD Kab. Bojonegoro, Kampus Ungu Simulasi Evakuasi Korban Banjir

By 02.56

        Praktek lapangan, Disasster Nursing Management yang diikuti sekitar 39 mahasiswa kampus ungu (STIKES ICSADA BOJONEGORO) bekerja sama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) pemkab Bojonegoro sekitar pukul 07.30 WIB di Bendung Gerak ds. Ngringinrejo Kec. Kalitidu Kab. Bojonegoro. (sabtu, 09/06/2016)

         Sejak pagi, peralatan mulai disiapkan, seperti tenda, dapur umum, perahu sar dll. Dalam simulasi ini mahasiswa mendapatkan perannya masing-masing, ada yang menjadi bupati, camat trucuk, tim sar, sampai korban yang harus dievakuasi. Seperti yang dikatakan Bapak Sukirno (Kasi Pencegahan dan Kesiapan Kesiagaan BPBD Kab. Bojonegoro) "Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa STIKES ICSADA Bojonegoro tentang bagaimana cara mengevakuasi korban bencana banjir supaya nantinya mereka dapat terjun dalam membantu poses evakuasi korban bencana (banjir)
           Dimulai dari tim monitor yang memberi kabar ada luberan air Bengawan Solo tepatnya di akaecamatan Trucuk membuat tim Muspika, BPBD dan tim lain siaga. Petugas memulai menempati posisi masing-masing, termasuk mahasiswa yang akan mengevakuasi dengan perahu karet dari bendung gerak.

          "Sebenarnya tak banyak kendala yang kita alami, hanya saja mencocokan waktu mahasiswa dengan BPBD pemkab, serta keterbatasan waktu untuk menghafal prolog yang diberikan mahasiswa." kata dosen S1 keperawatan Mei fitria.
"Kegiatan ini banyak sekali manfaatnya, selain menambah wawasan, kegiatan ini juga membuat kamu mengerti bagaimana teknik penanggulangan bencana banjir (proses evakuasi korban)." kata mahasiswa kampus ungu semester 8 Melida.

You Might Also Like

2 komentar