Latest Posts

Pelayanan Kesehatan

By 05.15

    

 Puskesmas sebagai salah satu instansi pemerintah yang berperan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dituntut untuk meningkatkan kualitas kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga pelayanan yang diberikan mampu memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan masyarakat serta mampu memberikan kepuasan.
      Terlihat di bagian rekam medis atau loket tempat pendaftaran berobat terdapat pasien yang sedang mengantri, karena puskesmas tersebut poned jadi pelayanan untuk UGD dibuka 24jam.
Mungkin karena waktu sudah menjelang sore jadi pelayanan tidak semaksimal ketika jam kerja di pagi hari, terlihat pasien sudah cukup lama menunggu dan masih belum ditangani oleh tenaga kesehatan yang ada. Saya fikir karena terbatasnya perawat jaga, namun saya lihat terdapat perawat yang sedang santai ngobrol, akan tetapi saya juga berfikir mungkin perawat tersebut tidak bertugas jaga di UGD, tetapi di ruang rawat inap.
      Saya melihat wajah keluarga pasien yang mengantar gelisah jalan mondar mandir dan sempat menanyakan pada petugas loket pendaftaran mengapa lama sekali tidak juga dimasukkan keruangan untuk diperiksa? Awalnya perawat yang ada diloket menjawab dengan sopan akan tetapi lama-lama menjawab dengan nada yang agak keras serta wajah yang sebal.
      Tiap instansi kesehatan pastilah memiliki SOP, akan tetapi terkadang untuk melayani SOP tidak dibutuhkan. Pelayanan kesehata adalah pelayanan kunjungan yang dekat dengan desa-desa setelah polindes, pustu atau ponkesdes, saya berharap agar petugas kesehatan mengurangi sikap ketusnya terhadap pasien, apapun yang dirasakan dalam hati, apapun masalah yang mungkin dihadapi nantilah dulu lah yang pertama melayani pasien dengan sepenuh hati meskipun pasien juga terkadang rewel, crewet dll.

You Might Also Like

0 komentar